Laga bersejarah – Manchester United vs Newcastle

2-manchester-united-newcastle

Pertandingan ini dimainkan tanggal 6 April 1895 ketika Manchester United – masih dikenal dengan Newton Heath – mengalahkan Newcastle United dengan skor 5-1 di Bank Street di Clayton, Manchester di hadapan 6000 penonton. Newton Heath sudah pindah ke tempat itu dua tahun sebelumnya setelah sempat memainkan laga liga di North Road: inilah pertemuan Divisi Dua dengan tim yang sudah didegradasi dari Divisi Utama tahun sebelumnya.

Kemenangan pertama Newcastle dalam laga itu muncul tanggal 13 November 1897. Skor 1-0 melalui satu gol dari Willie Wardrope.

Kemeanngan terbesar tandang Newcastle sejauh ini saat menghadapi Setan Merah terjadi 25 tahun setelah tim ini secara resmi mengubah namanya jadi Manchester United, tanggal 10 September 1927. Newcastle menang 7-1 di hadapan 50,217 pendukung di Old Trafford di mana Manchester United sudah pindah ke markas utamanya ini sejak tahun 1910.

Newcastle mencetak tujuh gol lagi di msuim 1930/31, kemasukan empat. Jack Cape mencetak hat-trick bagi tim tamu dengan Tommy Reid yang juga mencetak hat-trick bagi tim tuan rumah.

Skor imbang 4-4 terjadi tanggal 31 Januari 1959 dengan Bobby Chartlon dan Dennis Violet dan juga the Alberts –Quixall dan Scanlon – mencetak gol bagi tuan rumah. Newcastle mencetak gol melalui Ivor Allchurch, John McGuigan dan dua dari Len White.

Manchester united sempat mencetak enam gol dalam pertandingan ini dalam tiga periode berbeda dalam sejarah klub, dan semuanya di Divis Utama atau Liga Primer. The Busby Babes mengalahkan Newcastle 6-1 tanggal 12 Januari 1957 di hadapan 45 ribu fans dan terakhir kali pertandingan ini dimainkan sebelum bencana Munich satu tahun kemudian. Whelan, Pegg dan Viollet mencetak gol hari itu, dengan satu gol dari Jack Milburn sebagai gol hiburan.

Mereka menang lagi 6-0 tanggal 4 Mei 1968, baru 25 hari sebelum tim baru United ini memenangkan Piala Eropa di Wembley Stadium untuk pertama kalinya dengan mengalahkan Benfica.

Hampir empat puluh tahun kemudian tanggal 12 Januari 2008, Manchester United menang lagi 6-0, kali ini di hadapan 76 ribu penonton. Gol di hari itu termasuk hat trick dari bintang mereka Cristiano Ronaldo.