Sejarah stadion Wembley

2-wembley-stadium

Sejarah stadion Wembley adalah salah satu cerita yang akan tetap ada di hati masyarakat Inggris selama ribuan tahun mendatang. Wembley telah memainkan ratusan kegiatan olah raga bersejarah selama bertahun-tahun, dan Wembley yang baru juga akan meneruskan jejak dari sejarah bangunan lama tersebut. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejumlah sejarah dari salah satu monument paling bersejarah di dunia ini.

Wembley terletak di Brent, London. Sejak tahun 1880 sudah ada beragam macam kegiatan olah raga dilaksanakan di tempat ini, meski stadion pertama yang diakui baru dibangun pada tahun 1923. Di tahun 1880, Wembley memiliki lapangan yang digunakan baik untuk sepak bola dan kriket. Di tahun 1889 pemimpin Metropolitan Railway memutuskan untuk membangun empat menara setinggi 350 meter untuk menghasilkan pendapatan dari area itu. Akan tetapi, setelah beberapa wktu, proyek tersebut kehabisan uang, dan tinggi menara hanya bisa mencapai 61 meter saja dan dianggap sudah selesai. Bangunan itu dinamakan Watkins Folly (nama dari pemimpin Metropolitan Railway). Bangunan ini kemudian dihancurkan di tahun 1907 karena rencana untuk membangun stadion baru yang lebih besar.

Di akhir Perang Dunia I, pemerintah menempatkan sebuah rencana untuk membangun ruang pameran yang memuat pusat olah raga sebagai dari bagian area tersebut. Saat itu, area itu digunakan sebagai lapangan golf.

Stadion baru tersebut, (rampung di tahun 1923) dirancang dan diselesaikan dengan seharga 750 ribu pons saja, dan secara keseluruhan diselesaikan hanya dalam 300 hari. Sejak 1923 sampai stadion itu ditutup kembali tahun 2003, stadion tersebut hanya melewati renovasi kecil saja, termasuk pemasangan lampu stadion di tahun 1955, papan skor elektronik di tahun 1963.

Stadion Wembley tua ini dianggap kuno oleh FA setelah melakukan sejumlah pertemuan, dan di tahun 2000 keputusan akhir dibuat untuk mengembangkan ‘Wembley baru’.

Wembley baru tersebut awalnya selesai tahun 2003. Akan tetapi, karena penundan, stadion itu belum diserahkan sampai pertengahan 2007. Stadion baru ini punya atap yang bisa digerakkan, dan punya menara melintas terbesar di dunia, dengan dana proyek yang ditaksir lebih dari 900 juta ponds.